Manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan interaksi, terhubung dan saling bergantungan dengan manusia lainnya. Dalam pemenuhan kebutuhan sosia kita sebagai manusia berinteraksi dan membutuhkan komunikasi yang memungkinkan kita untuk membentuk dan memelihara hubungan sosial dengan orang lain, termasuk keluarga, teman, dan anggota masyarakat.
Komunikasi memungkinkan kita untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan ide-ide dengan orang lain. Ini penting dalam pembelajaran, pengembangan pribadi, dan kemajuan kolektif.
Dalam konteks sosial dan kerja sama, komunikasi memungkinkan kita untuk bekerja bersama-sama, mengkoordinasikan tindakan, dan mencapai tujuan bersama.
Komunikasi memungkinkan kita untuk menyatakan pikiran, perasaan, dan identitas kita kepada orang lain. Ini membantu dalam membangun hubungan yang kuat dan memungkinkan kita untuk dikenali dan dipahami oleh orang lain. Komunikasi yang efektif memainkan peran penting dalam menyelesaikan konflik dan perbedaan pendapat. Dengan berkomunikasi secara terbuka dan jujur, kita dapat mencapai pemahaman yang lebih baik dan menemukan solusi yang memuaskan bagi semua pihak yang terlibat.
Berikut beberapa komponen / unsur dalam proses Komunikasi diantaranya:
- Sender disebut juga si penyampai pesan atau komunikator yang berarti orang yang berinisiatif menyampaikan informasi atau gagasan.
- Encoding adalah proses transmisi atau transfer informasi dari seseorang kepada orang lain. Encoding pada umumnya menggunakan simbol sebagai media.
- Message atau pesan yang dapat diwujudkan dalam simbol yang bermakna penyampaian dari pesan inilah yang menjadi alasan umum terjadinya komunikasi.
- Media disebut juga saluran komunikator yang digunakan sebagai alat untuk menyampaikan informasi agar diterima oleh komunikan.
- Decoding adalah proses ketika komunikan akan menerjemahkan pesan melalui lambing yang disampaikan oleh komunikator kepadanya.
- Receiver adalah orang atau komunikan yang menerima pesan.
- Response adalah tanggapan atau reaksi komunikan yang ditunjukan terhadap informasi yang diberikan oleh komunikator setelah pesan tersebut diterima.
- Feedback atau umpan balik wujud dari reaksi komunikan terhadap pesan yang disampaikan. Biasanya reaksi ini dapat berupa kritik, saran dan sebagainya.
- Noise atau hambatan merupakan gangguan tidak terencana yang sedang terjadi dalam proses komunikasi. Noise ini bisa menimbulkan misunderstanding atau perbedaan pemahaman antara komunikator dan komunikan tentang informasi yang disampaikan.


0 Komentar